Header Ads

Pengungsi Rohingya Ragu Myanmar Tulus Terima Mereka Kembali

Pengungsi Rohingya Ragu Myanmar Tulus Terima Mereka Kembali.
Pemerintah Myanmar menyatakan siap menerima kembali para pengungsi Rohingya. Pernyataan itu disampaikan Menteri pada Kantor Penashat Negara Kyaw Tint Swe, membacakan pernyataan Penasehat Negara Myanmar, Aung San Suu Kyi di Dhaka pada Senin malam waktu setempat, 2 Oktober 2017.

Dari OB Jadi Vice President? Kisah Pria Ini Begitu Menginspirasi
Dinilai Terlalu Seksi, Aktris cantik Ini Dilarang Main Film Lagi
8 Pantai Tersembunyi di Bali yang Belum Kamu Ketahui
Pernyataan ini seperti mengulang apa yang sudah disampaikan Suu Kyi beberapa waktu lalu. Suu Kyi berjanji menerima kembali para pengungsi Rohingya, namun harus diverifikasi terlebih dulu.

" Mereka akan dipulangkan berdasarkan kriteria yang telah disepakati pada 1993, ketika puluhan ribu etnis Rohingya dipulangkan," kata Kyaw, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 3 Oktober 2017.

Kesepakatan yang dimaksud oleh Kyaw yaitu kesepakatan yang terjalin antara Myanmar dengan Bangladesh. Melalui kesepakatan tersebut, hampir seperempat juta etnis Rohingya yang mengungsi ke Bangladesh dipulangkan ke Myanmar.

" Isu bersama harus antara dua negara harus dipecahkan secara bilateral, dengan cara yang damai, dan mempertimbangkan kepentingan kedua belah pihak," ucap Kyasw.

Pernyataan ini juga muncul setelah kunjungan PBB ke sejumlah titik pengungsian uang tersebar di kawasan perbatasan antara Myanmar dengan Bangladesh beberapa hari lalu. Dalam kunjungan tersebut beberapa hari lalu, PBB mendesak dibukanya akses bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.